Media Promosi Produk Usaha Budi Daya Unggas Petelur

Perlu upaya yang cukup keras untuk meraih peluang pasar. Oleh sebab itu, kegiatan promosi menjadi hal vital yang perlu dilakukan oleh seorang pelaku usaha baru.
Beberapa langkah strategis yang dapat diambil dalam melakukan promosi adalah sebagai berikut.

  • Lakukan Riset Pasar yang Akan Dibidik
Peternak yang telah menghasilkan produk menginginkan telur-telur yang dilhasilkannya diterima oleh konsumen. Kegiatan pemasaran yang termasuk di dalamnya adalah kegiatan distribusi untuk memperlancar arus komoditas dari sentral produksi ke sentral konsumsi, informasi pasar, penyimpanan,pengangkutan, penjualan, dan promosi.
Informasi pasar yang dikumpulkan bukan hanya perubahan harga telur yang terjadi, melainkan juga jenis & kualitas produk yang diinginkan konsumen, lokasi penjualan telur memberikan peluang lebih baik, serta kebutuhan konsumen terhadap produk telur yang dihasilkan. Manfaat yang diperoleh dari pengumpulan informasi pasar yang dilakukan oleh peternak adalah peternak mengetahu dengan jelas jenis dan kualitas produk yang diinginkan konsumen mengetahui cara pemasaran yang sebaiknya ditempuh agar volume penjualan telur dapat ditingkatkan, dan peternak dapat mengetahui tindakan-tindakan perbaikan yang akan dilakukan agar pelanggan tetan atau jumlahnya dapat ditingkatkan


    • Penetrasi Pasar atau Pertumbuhan Terkonsentrasi
    Setelah proses pengumpulan informasi eksternal dan internal dilakukan maka informasi-informasi ini akan menjadi informasi input untuk perumusan strategi pemasaran. Pemasaran telur yang paling penting adalah pihak produsen memiliki kekuatan menentukan harga secara layak. Harga jual telur banyak ditentukan oleh mutu telur. Semakin baik mutu telur yang dihasilkan, semakin tinggi harga penjualan telur yang akan diterima.
      Strategi selanjutnya setelah berhasil melakukan pemasaran adalah dengan mengembangkan area pemasaran, atau dikenal dengan penetrasi pasar. Penetrasi pasar dilakukan untuk:
    a. menambah tingkat penggunaan pelanggan lama, dengan cara menambah jumlah pembelian, mengiklankan penggunaan lain, dan memberi insentif harga untuk penggunaan lebih banyak
    b. memikat pelanggan pesaing, melalui mempertajam diferensiasi produk, peningkatan usaha promosi, dan penurunan harga
    c. memikat bukan pengguna untuk membeli produk, dengan cara: merangsang keinginan mencoba melalui produk contoh (sampling), insentif harga, dan sebagainya

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Sistem Konsinyasi Produk Usaha Budi Daya Unggas Petelur

    Mengevaluasi Kegiatan Usaha Budi Daya Unggas Petelur

    Perencanaan Usaha Budi Daya Unggas Petelur